Menu
header photo

ayo jelajah indahnya indonesia

Nikmati Keindahan Nusahtara

cara merawat bunga anggrek dan tahan lama berbunga

Jual gerobak bandung - Bunga anggrek termasuk juga satu diantara tanaman hias yang popular di Indonesia. Banyak orang yang memakai saat luangnya untuk menanam bunga anggrek karna ketahui tanaman dari suku anggrek-anggrekan ini dapat menaikkan kecantikan bagian depan tempat tinggal. Bunga anggrek itu dapat ditanam didalam pot maupun ditempel. 

Bunga anggrek dapat tumbuh dengan baik di negara seperti Indonesia karna memanglah tanaman anggrek dapat hidup di daerah tropika basah sampai wilayak sirkumpolar. Oleh karna hal itu, tak ada yang cemas untuk lakukan pemeliharaan anggrek hias di halaman tempat tinggalnya. Bila Anda juga tertarik untuk menanam tanaman hias ini, tersebut langkah menanam serta menjaga bunga anggrek didalam pot maupun ditempel. 

Anggrek adalah tanaman yang dapat merepresentasikan atau mewakili perasaan seorang pada pasangannya. Tersebut kenapa banyak toko tanaman yang jual bunga potong anggrek. Banyak peminat pada bunga anggrek nyatanya buat beberapa orang tertarik untuk membudidayakan tanaman anggrek di sekitaran tempat tinggalnya. 

Pada penjelasan tentang langkah menanam bunga anggrek ini, ada banyak hal yang seumpamanya butuh Anda kenali terlebih dulu. Bunga anggrek dapat ditanam didalam pot serta dapat pula ditanam lewat cara ditempel ke papan atau batang pohon. Kita juga akan membahasnya satu persatu. 

1. MENANAM DI DALAM POT 

Anggrek termasuk juga tanaman yang cukup baik untuk ditanam didalam pot. Sebelumnya mulai penanamannya, Anda butuh ketahui banyak hal. Pot yang akan digunakan untuk menanam bunga anggrek terbuat dari pot plastik atau potoh. Dianjurkan untuk memakai pot dari tanah liat yang memiliki lubang-lubang kecil berdiameter sekitaran 2 cm. Ada lubang-lubang itu juga akan menolong aliran udara dan memudahkan aerasi serta drainase. 

Selain itu, memakai pot yang terbuat dari tanah liat juga sangat mungkin air terserap ke bahan pot jika berlangsung keunggulan air siraman. Dengan begini, jadi bunga anggrek yang tengah Anda tanam serta rawat terlepas dari penyakit busuk akar. Keunggulan yang lain, dengan pot tanah liat, pada keadaan lingkungan yang lembab, akar tanam bunga anggrek juga akan senantiasa terbangun. 

Sesudah memperoleh pot untuk menanam bunga anggrek, selanjutnya yaitu pilih media tanam yang pas untuk bunga anggrek. Singkat saja, media tanam yang pas untuk bunga anggrek dapat dari kombinasi sebagian media tanam seperti pecahan batu bata atau genteng, batang pakis, serutan atau potongan kayu, sabut kelapa, serta arang kayu. 

Bila Anda kebingungan, jadi dianjurkan untuk isi pot dengan media tanam berbentuk sabut kelapa, potongan pakis, arang kayu, serta pecahan batu bata. Sesudah pot terisi media tanam, selanjutnya sediakan bibit anggrek yang Anda dapatkan dari toko pertanian dalam paket botolan memiliki ukuran 1 cm. Tanam bibit anggrek segera pada pot yang telah diisi media tanam. 

2. MENANAM DENGAN DITEMPEL DI BATANG POHON 

Bunga anggrek epifit dapat peroleh penampilan yang lebih menarik dengan kesan yang alami lewat cara menanamnya ditempel pada batang pohon. Penananam seperti ini adalah habitat asli dari bunga anggrek epifit. Untuk menanam anggrep di batang pohon, baiknya tentukan pohon yang cukup teduh hingga intensitas sinar matahari tetaplah didapat dalam ukuran tengah serta tidaklah terlalu berlebihan. 

Bunga anggrek epifit dapat ditanam pada batang pohon yang hidup maupun mati. Sebenarnya di tiang beton dapat juga, seandainya tempat melekatnya anggrek penuhi prasyarat kelembapan supaya pertumbuhannya jalan dengan baik. Jika memakai pohon yang mati, jadi tentukan yang tahan air serta tahan panas matahari hingga batang tidak gampang melapuk. 

Jika pilih pohon hidup, jadi tetapkan pohon yang berkulit batang cukup tidak tipis supaya tidak gampang mengelupas. Lebih sebaiknya sekali lagi untuk memakai pohon dengan permukaan batang yang agak kasar supaya jadi tempat menempel akar yang baik. Sebagian pohon yang memiliki persyaratan pada batang itu yaitu jambu air, mangga, asam jawa, nangka, serta rambutan. 

Sebelumnya ditempelkan, batang pohon mesti ditempel dengan media yang dapat mengikat air seperti sabut kelapa, potongan pakis, atau ijuk. Untuk tanaman anggrek yang juga akan ditempel dapat datang dari tanaman muda (atau dewasa), anakan, atau bibit kompot. Bila Anda akan menanam tanaman dewasa, jadi angkat tanaman bersamaan dengan media tanamnya. 

Bila memakai tanaman muda serta bibit dari kompot, sebelumnya ditempel, potong beberapa akarnya lantas bersihkan bersih gunakan air. Selanjutnya, bibit atau akar tanaman muda di celupkan kedalam larutan fungisida sepanjang satu dua menit. Lantas celupkan sekali lagi kedalam larutan pengatur tumbuh dengan saat yang sama. 

Pencelupan dapat juga dikerjakan untuk tanaman dengan media tanam penambahan. Sesudah langkah pencelupan usai, setelah itu lekatkan tanaman bunga anggrek pada pohon yang diambil. Usahakan supaya ketinggiannya tidak melaluib adan hingga perawatannya tidak merepotkan. 
Baik menanam anggrek didalam pot maupun ditempel pada dinding, ada perawatan yang diperlukan tanaman supaya dapat tumbuh dengan baik serta dengan maksimum. 

PENYIRAMAN 

Seperti tanaman beda, bunga anggrek juga butuh disiram supaya tidak mati karna alami kekurangan air. Air yang dipakai untuk menyiram dapat dari air ledeng, air sumur, atau air hujan. Tidak dianjurkan untuk memakai air yang telah bercampur dengan bahan kimia serta air kali karna peluang memiliki kandungan zat hidup yang dapat mengganggu perkembangan anggrek. 

Siramlah anggrek sesuai sama cuaca yang tengah berjalan. Waktu iklim di lingkungan sedikit tinggi, jadi tanaman anggrek dapat disiram sekurang-kurangnya 2 x dalam satu hari. Saat musim penghujan, jika Anda meletakkan anggrek diluar tempat tinggal, pindahkan kedalam supaya tidak terpericik air hujan sampai media tanam begitu basah serta menyebabkan pembusukan akar. 

BERIKAN SINAR MATAHARI 

Tanaman anggrek membutuhkan cahaya matahari untuk mensupport pertumbuhannya. Anda dapat meletakkan bunga anggrek pada ruang yg tidak terserang cahaya mathaari segera. Dengan mengatur seberapa terik cahaya matahari yang tentang tanaman, jadi tanaman anggrek akan tidak alami problem baik dalam perkembangan atau pemberian hasil berbentuk penampilan yang menarik. 

LAMPU RUANGAN 

Untuk melindungi keindahan bunga anggrek, sebagian orang pilih untuk lakukan repotting atau perpindahan pot ke pot kaca atau pot plastik dengan diameter yang semakin besar dan pot yang bersih. Umumnya, mereka juga mengubahkan pot itu kedalam tempat tinggal. Permasalahannya, tanaman anggrek tetaplah memerlukan konsumsi cahaya matahari. Oleh karenanya, untuk menanggulanginya, belilah lampu ruang supaya anggrek tetaplah terserang sinar. 

JAGA KELEMBABAN LINGKUNGAN TUMBUH DAN MEDIA TANAM 

Bunga anggrek termasuk juga tanaman tropis yang dapat bertahan pada lingkungan yang cukup lembab. Tingkat kelembapan tanaman ini mesti senantiasa dijaga supaya dapat tumbuh dengan baik. Janganlah dibiarkan tanaman mati cuma karna Anda lupa lakukan penyiraman atau memberi pencahayaan pada tanaman. 

BERIKAN PUPUK 

Pupuk juga akan melindungi tanaman tetaplah sehat serta tumbuh dengan maksimal. Pemberian pupuk anggrek tidak bisa asal-asalan, ukuran serta type pupuk yang didapatkan sebaiknya sesuai sama keadaan tanaman. Untuk problem ini, tambah baik Anda tanyakanlah segera ke mereka yang pakar atau ke toko pertanian tempat Anda beli pupuk maupun bibit anggrek. 

Langkah menanam serta menjaga bunga anggrek adalah aktivitas berkebun yang dapat kurangi beban fikiran. Bila Anda masih tetap terasa kesusahan untuk membudidayakan anggrek dengan baik, jadi tanamtanaman. com anjurkan Anda untuk lakukan penanaman bunga enak malam yang dikelompokkan kedalam tanaman hias untuk membuat cantik bagian-bagian tempat tinggal Anda. 

Go Back

Comment

Blog Search

Comments

There are currently no blog comments.