Menu
header photo

ayo jelajah indahnya indonesia

Nikmati Keindahan Nusantara

Ketika Makan Butuh Perhitungan: Investasi Perlengkapan Memasak

Sewaktu harga keperluan pokok condong naik, beragam langkah penghematan dikerjakan untuk menghimpit pengeluaran, termasuk juga salah satunya yaitu kurangi tagihan listrik. Beragam langkah berhemat listrik sudah ada, salah nya ialah lewat Alat Penghemat Listrik. Pada saat ini saya bakal saya hidangkan alasantasi dari PLN tentang efektifitas dari alat penghemat listrik yang beredar banyak. 


Disclaimer : 
Tulisan ini murni gabungan dari beragam sumber dengan maksud untuk menebarkan info yang mudah-mudahan berguna, tak ada kemauan untuk membela satu diantara pihak, baik penjual alat irit listrik ataupun PLN, serta saya tak memiliki jalinan dengan beragam pihak itu diatas. 


Pastinya terlebih dulu saya hidangkan deskripsi umum tentang alat penghemat listrik yang di sampaikan oleh penjualnya. 

Pertama, mari kita simak deskripsi umum dari Mohammad Ridwan Alat Irit Listrik Sesuai sama INPRES NO. 10 Th. 2005 : 
Alat Irit Listrik Sesuai sama INPRES NO. 10 Th. 2005 

Dapat dibuktikan menghemat cost bulanan anda 10 - 30%, Garansi 1 Th. serta Resmi!!! 
Langkah Kerja : 

1. Mereduksi (kurangi) Daya semu yang ada pada Jaringan Listrik. 
2. Menyamai Watt yang digunakan alat-alat listrik jadi jumlah Watt sebenarnya. 
3. Kurangi tarikan awal Daya Listrik pada alat-alat listrik. 

Deskripsi Umum : 
Tahukah anda kalau semuanya alat listrik konsumsi semakin besar dari yang tercantum di label? Umpamanya Mesin pencuci mencantumkan 300 W sesungguhnya bisa konsumsi daya hingga 500 W, Alat Irit Listrik bisa mereduksi daya semu yang ada hingga mengoptimalkan kemampuan jaringan anda, serta bikin perlengkapan jadi lebih panjang umur pakainya lantaran bisa menghindar arus terlalu berlebih yang masuk kedalam jaringan, sekalian melakukan perbaikan efisiensi jaringan listrik anda lantaran Alat Irit Listrik bisa menyalurkan arus listrik sesuai sama keperluan alat. Alat Irit Listrik juga berperan sebagai SOFT START yang bisa kurangi tarikan awal daya listrik pada perlengkapan anda, umpamanya AC, JET PUMP terlebih pada perlengkapan yang memakai kumparan. 

Rangkuman : 
Alat Irit Listrik bekerja lewat cara turunkan jumlah arus (Ampere) pada beban yang terpakai, dengan tegangan tetaplah (Voltage), hingga kurangi daya (Watt) yang perlu dibayar. 


Ke-2, menurut savelimit JUAL Alat Irit Listrik " Save Trik " : 
Perlengkapan Listrik biasanya memakai komponen yg memiliki resiko induktif. Dampak dari induksi tiap-tiap perlengkapan listrik bakal merugikan customer, jadi itu instalasi listrik perlu alat penambahan yang berbentuk kapasitif yakni " SAVE TRICK ". 

Faedah Product ini : 
1. Menghemat beban penggunaan listrik, 5%-35%. 
2. Melindungi kestabilan arus tegangan listrik 
3. Menaikkan Umur perlengkapan listrik 
4. Meredam arus dari induksi petir 
5. Kurangi panas yg terlalu berlebih pd jaringan 
6. Bebas dari cost perawatan. 

Alat ini sudah teruji oleh BPPT serta tak di larang oleh PLN... Alat ini memiliki sertifikat merk serta garansi 1 th.. Efisien pada jaringan listrik berdaya dari mulai 900w sampai 8800w... 


Nah tersebut alasantasi dari PLN tentang efektifitas alat penghemat listrik. Alat Penghemat Listrik, Apakah benar Menghemat? : 

Apabila jalan-jalan ke toko elektronik, kerapkali kita ditawari alat penghemat listrik. Mulai yang bernilai beberapa ratus ribu sampai jutaan rupiah. Tetapi apakah benar alat itu dapat menghemat listrik? 

Biasanya, penjual berikan iming-iming apabila alatnya dapat menghemat listrik 10 sampai 40 %. Bahkan di beri jaminan barang bakal ditukar baru apabila tak berlangsung pergantian tagihan listrik dalam 1 th.. Tidak ayal, ini jadi magnet sendiri untuk orang-orang selalu berupaya menghimpit pengeluaran. 

Di Indonesia, alat ini mulai di pasarkan mulai sejak 2003. Beragam merk dihadirkan dari luar negeri, baik dari Jerman, Italia ataupun negara Eropa yang lain. Walau ada pula buatan lokal yang mengambil tehnologi luar. 

Umumnya, alat irit daya buatan luar negeri dibanderol lebih mahal di banding buatan lokal. Alat irit listrik buatan Jerman umpamanya di pasarkan dengan harga pada Rp 1, 25 juta hingga Rp 1, 5 juta, tergantung kemampuan daya yang dipakai. Tengah alat irit daya buatan lokal sekitar Rp 100 ribu sampai Rp 300 ribu. 

Kompensator Daya 
Sebenarnya, langkah kerja alat itu termasuk simpel. Menurut teori, untuk kurangi penggunaan daya listrik dibutuhkan satu kompensator daya. Kompensator ini bekerja sebagai pengatur tegangan yang bakal kurangi catu tegangan ke beban, yang bermakna kurangi catu daya ke beban. Nah, dengan kurangi catu daya dengan cara automatis daya yang terpakai juga bakal menyusut di banding kondisi normal. 

Ada dua type kompensator daya yang beredar banyak di market, yaitu kompensator yang dipasang dengan cara paralel dengan beban serta kompensator yang dipasang seri dengan beban. Dari dua type kompensator daya ini, yang beredar banyak di market yaitu kompensator daya yang dipasang paralel. Bila dirata-rata, perbandingan pada jumlah kompensator daya yang dipasang paralel dengan seri kurang lebih 9 : 1. 

Kompensator yang dipasang dengan cara paralel pada beban sesungguhnya adalah kompensator daya aktif reaktif. Azas kerja kompensator ini memakai type arus yang dialirkan PLN ke pelanggan, yaitu arus bolak-balik yang mempunyai dua komponen daya : aktif serta reaktif. Daya aktif yaitu daya sesungguhnya yang diperlukan beban. Demikian sebaliknya, daya reaktif yaitu daya yang bisa berlangsung lantaran induktansi ataupun kapasitansi. Induktansi dikarenakan komponen yang berupa kumparan seperti motor listrik ataupun transfomator step down pada adaptor. Sedang kapasitansi disebabkan oleh komponen kapasitor. Resultan atau jumlah dari keduanya lalu membuat daya riil. 

Dalam sebenarnya, daya yang dipasok oleh PLN yaitu daya riil. Oleh karenanya untuk meminimalisasi daya yang dipasok oleh PLN jadi sebisa-bisanya daya reaktif diminimalisasi. Bila beban berbentuk induktif jadi di beri kapasitor apabila beban berbentuk kapasitif jadi beban di beri induktor. Lantaran biasanya perlengkapan yang dipakai dalam lingkungan perumahan berbentuk induktif, jadi kompensator daya untuk mengeliminasi daya reaktif tidak lain berbentuk kapasitor. Umumnya, alat ini dipasang dengan cara paralel pada jaringan listrik http://www.jualsofabandung.com/blog/toko-furniture-murah-di-cimahi Disamping itu, kompensator daya yang dipasang seri dengan pemanfaat listrik adalah satu alat penurun kemampuan beban lewat cara turunkan catu daya lewat penurunan tegangan catu. Hasil keluaran dari pemasangan alat kompensator daya type seri ini yaitu didapat penurunan penggunaan daya riil (watt), namun tegangan catu ke pemanfaat listrik juga di buat turun. Sekilas tampak sebagai penghematan penggunaan daya listrik, namun sebenarnya kemampuan pemanfaat listrik alami penurunan serta bisa menyebabkan kurangi usia pemakaian listrik. 

Untung Rugi Perlengkapan 
Berdasarkan riset alat penghemat daya yang dikerjakan Pranyoto, dari sisi Litbang PLN, pemakaian alat penghemat daya, baik berbentuk kompensator yang dipasang seri atau paralel nyatanya tak berikan peran seperti yang dijanjikan produsen. Alih-alih turunkan pemakaian daya, yang berlangsung pada pemakaian alat sejenis itu yaitu kurangi efisiensi perlengkapan serta usia pemakaian listrik. Ini dikarenakan walau didapat penurunan pemakaian daya riil pada 15 % sampai 20 %, namun pemakaian listrik juga di buat alami penurunan sampai 20 %. Contoh, AC serta kulkas jadi kurang dingin serta lampu jadi redup. 

Go Back

Comment