Menu
header photo

ayo jelajah indahnya indonesia

Nikmati Keindahan Nusahtara

kusen kamper kayu yang aman dan nyaman

Pada tulisan terlebih dulu kita sudah mengulas panduan simpel pilih furniture, nah kesempatan ini kita juga akan mengulas yang terkait dengan mebel yakni keunggulan serta kekurangan semuanya type kayu yang berada di Indonesia, sebelumnya anda membaca keunggulan serta kekurangan dari tiap-tiap jenis serta type kayu, umur kayu tersebut begitu memastikan kwalitas kayu itu. 

Beberapa macam kayu di Indonesia 
Yang kami catat di sini yaitu type kayu yang seringkali dipakai untuk bahan bangaunan serta mebel, karna Indonesia banyak jenis serta type kayu, yang mustahil kami ulas satu persatu... 

Kayu Kalimantan 
Terdapat beberapa type kayu kalimantan yang umum digunakan dalam pembuatan meubel atau mebel juga kusen, pintu, jendela dan lain-lain, serta masing- mempunyai keunggulan serta kekurangannya sendiri, tersebut type-kayu kalimantan : 
a) Balo merah 
Kayu ini biasanya berwarna merah kecoklatan serta mempunyai ketahanan yang kuat pada serangan hama seperti rayap serta teter jga tahan pada cuaca panas serta lembab, karna mutunya yang baik kayuini relatif mahal. 
b) Kamfer Samarinda. 
Type kayu yang ke-2 ini masih tetap beberapa serupa sifatnya seperti balo merah tetapi kayu ini berbobot lebih enteng serta begitu pas untuk bahan daun pintu minimalis, dan untuk bahan kontruksi atap serta plafon, terlebih bila lewat sistem pengeringan dengan oven. 
c) Bengkirai 
Kayu bengkirai adalah satu diantara type kayu yang berkwalitas bagus. Hal itu bisa dibuktikan ketika dalam sistem pelaksanaan (pelaksanaan kayu bengkirai). Kayu bengkirai ini gampang diolah seperti diserut, dipotong, diukir dan lain-lain. Oleh karenanya, beberapa orang yang memasukkan kayu bengkirai ini kedalam kelompok beberapa jenis kayu pertukangan. 
Serta dalam prakteknya, sekarang ini banyak beberapa orang yang memakai kayu bangkirai ini untuk menghasilkan beragam jenis product dari kayu. Hal itu memanglah tidak dapat dilepaskan dari mutunya yang memanglah dapat dibuktikan betul-betul baik oleh dunia pertukangan. Serta sampai sekarang ini, keinginan pada kayu bengkirai sangat banyak, oleh karenanya, kayu bengkirai ini masuk kedalam daftar type kayu yang mempunyai nilai komersial, Kayu bengkirai identik dengan kayu kuat, karna kayu type ini umumnya berbobot lebih berat serta keras, tetapi kayu ini rawan tehadap cuca panas yang umumnya mengakibatkan retak pada permukaan kayu. 
d) Kompas/kempas 
Kayu ini masih tetap satu family dengan kayu bengkirai tetapi serat kayunnya yang umumnya tida kteratur atau melintang mengakibatkan kayu ini sangat gampang ratak kronis serta umumnya hingga berlubang. Pada kayu kelas super kayu ini berwarna coklat kemerah-merahan, tetapi pada kelas menengah warna kayu umumnya bercorak putih seperti bendera. 
e) Kruing 
Type kayu ini umumnya berwarna coklat mempunyai serat yang lurus serta umumnya berminyak. Dalam kondisi kering kayu ini serupa seperti kamfer. Tetapi kayu ini bisa diserang hama kayu. 
f) Meranti 
Kayu meranti ada yang berwarna putih, serta coklat memiliki serat lurus, serta berbobot enteng, type kayu ini kurang pas untuk di menjadikan kusen tetapi masih tetap aman apabila di menjadikan bahan daun pintu. 

Kayu jawa 
a) Mahoni 
Kayu mahoni berwarna merah bila yang telah tua, banyak digunakan untuk keperluan bahan bangunan, terlebih pada beberapa tempat tinggal di Jawa kayu mahoni dipakai untuk kerangka atap serta plafon, memiliki struktur halus serta berat, kayu mahoni begitu kuat untuk menahan beban namun kayu ijni gampang diserang rayap, serta kurang tahan pada perubahan suhu yang ekstrim. b) Sengon 
Kayu sengon memiliki nilai ekonomis yang tinggi, karna umurnya yang relatif singkat, kayu sengon dapat dipanen pada umur 5 th. hingga banyak petani yang menanam type kayu ini, namun sedikit dipakai jadi bahan bangunan serta mebel karna aspek ketahanan karna begitu rentak dikonsumsi rayap apabila terserang air sedikit saja rawan lapuk, kayu sengon pas untuk bahan baku paket dan jadi komiditi eksport. 
c) Kayu Jati 
Karakter dari kayu jati yang paling di kenal orang yaitu karna keawetannya serta daya tahannya pada perubahan cuaca dibanding dengan type kayu beda. Diluar itu juga ciri-khas serat serta warnanya mempunyai keunikan sendiri. Oleh oleh karena itu harga kayu jati lebih mahal. 
Pohon 
Tinggi pohon dapat menjangkau 50 mtr. dengan Ø sampai 1, 2 mtr.. Usia pohon jati yang baik untuk memperoleh kwalitas paling baik yaitu diatas 40 th.. Kecepatan tumbuh pohon jati relatif lambat hingga densitas kayunya juga tambah baik. Untuk peroleh Ø 40 cm diperlukan minimum 50 th. masa tumbuh. 
Warna Kayu 
Coklat serta emas warna gelap pada kayu terasnya. Sisi kayu gubal berwarna krem atau bahkan juga putih kecoklatan. Pada sebagian type kayu jati ada warna kemerahan ketika barusan dibelah. Sesudah sebagian lama di tempatkan di udara terbuka serta terlebih dibawah cahaya matahari, warna itu juga akan beralih coklat muda. 
Keawetan 

Saat yang diperlukan untuk mengeringkan kayu jati yaitu sekitaran 14-25 hari dengan temperature maximum 80 derajat Celcius. 
Sistem Mesin & Konstruksi 
Susunan serat kayu Jati yang kecil mempermudah sistem mesin dengan hasil yang halus serta rata. Dapat dibuat kepala kayu yang halus ketika sistem pemotongan melawan arah serat. 
Karna keunggulan kayu Jati dari warna serat serta kelas awetnya, beberapa besar produsen mebel atau pengguna kayu jati tidak melapiskan bahan finishing karna susunan minyak/lilin alaminya telah adalah bahan pengawet. 

Go Back

Comment

Blog Search

Comments

There are currently no blog comments.