Menu
header photo

ayo jelajah indahnya indonesia

Nikmati Keindahan Nusantara

mengurus akta lahir anak di kotamadya bekasi

Kelahiran seseorang putra/putri ditengahnya keluarga juga bakal memberi situasi senang sendiri. Hadirnya membawa situasi suka ria sendiri untuk pelipur lara saat sunyi hati. Dari yang sebelumnya dalam rumah begitu sunyi saat ini dihiasi oleh nada tangis bayi.
langkah membuat akta kelahiran anak yang barusan lahir

Gambar Akta Kelahiran
Sekarang ini buat kami orang-tua yang profesinya menjadi karyawan kadang memiliki kecemasan tiap-tiap ditempatkan pada keharusan mengatur beberapa administrasi, seperti KTP, KK, geser bertempat, akte kelahiran, pasport. Kurangnya ketersediaan waktu kami diluar jam kerja membuat kami kerap tidak bisa mengatur sendiri. Bila tidak mengatur sendiri serta diwakilkan oleh orang yang lain automatis 'biaya' jadi membengkak.

Awal tahun 2016 kami sempat mengatur pembuatan E-KTP pertama kami dengan keadaan waktu itu kami geser dari Kabupaten Bekasi ke Kotamadya Bekasi. Kami coba lakukan sendiri karena kebetulan barusan berhenti bekerja dari perusahaan lama. Hasilnya cukuplah panjang dari mulai RT, RW, Kelurahan, Kecamatan, sd Dinas Kependudukan Kabupaten Bekasi yang letaknya lumayan jauh dari bertempat kami sekarang ini. Sudah sempat seringkali bolak balik karena kekeliruan formulir yang dikasihkan oleh petugas.
Jadi orangtua merupakan suatu tuntutan sendiri. Di mana kita harus serta mesti dapat penuhi semua keperluan si buah hati dari hal yang sangat simpel sekalinya mulai dari si kecil dilahirkan sampai dia tumbuh serta berkembang kelak.

Satu hal yang terpenting buat orangtua sesudah kelahiran anaknya merupakan membuat akta kelahiran. Membuat akta kelahiran merupakan hal yang terpenting sekali serta diprioritaskan mengatur selekasnya sesudah kelahiran sang buah hati.

Hasil dari survey suatu organisasi anak mengatakan jika di Indonesia ada seputar 65% anak yang belumlah mempunyai akta kelahiran. Dalam kata lainnya jika ada keseluruhan seputar 35% saja yang terdaftar jati diri dianya. Itu berarti jika seorang yang belumlah mempunyai akta kelahiran tidak mempunyai status kewarganegaraan, tidak miliki tempat hukum dan tidak miliki hak basic.

Ada banyak resiko buat seorang yang tidak mempunyai akta kelahiran, diantaranya merupakan peluang pemalsuan jati diri oleh pihak yang tidak bertanggungjawab untuk keuntungan kelompoknya sendiri. Perihal ini pula yang perlu kita usahakan untuk di jauhi.

Ada banyak faedah yang akan didapatkan oleh sang seorang saat ia mempunyai akta kelahiran, salah satunya ; menjadi jati diri diri, administrasi kependudukan, pembuatan Kartu Sinyal Masyarakat, pengurusan Kartu Kelurga, untuk kepentingan pendaftaran sekolah, untuk pendaftaran pernikahan, salah satunya prasyarat melamar pekerjaan, kriteria harus pembuatan paspor, dipakai untuk mengatur hak pakar waris, dokumen untuk mengatur asuransi, dipakai mengatur hak dana pensiun, untuk mengatur tunjangan keluarga, untuk melakukan beribadah haji, dan sebagainya.

Go Back

Comment