Menu
header photo

ayo jelajah indahnya indonesia

Nikmati Keindahan Nusantara

Niat Sholat Jamak Takhir dan Taqdim Lengkap

1. Batasan aurat wanita didepan mahramnya serta yang bukanlah mahramnya 

Ada empat batasan aurat wanita yang perlu dipahami baik didepan muhrimnya ataupun yang bukanlah muhrimnya : 

1) Sesama mahram serta di kelompok wanita bisa lihat badan wanita, terkecuali sisi pada pusar serta lutut. Tetapi harus juga lihat ditempat yang sepi umpamanya dirumah atau kamar pribadi, atau tak tengah ditempat umum atau bercampur dengan yang bukanlah muhrim serta wanita non muslim. 

Seperti hadist yang diriwayatkan oleh Abu Salamah Radhiyallahu ‘Anhu : “Aku serta saudara ‘Aisyah datang pada ‘Aisyah, lantas saudaranya itu ajukan pertanyaan padanya mengenai mandi yang dikerjakan oleh Nabi SAW. Lalu ‘Aisyah memohon wadah yang diisi satu sha’ (air), lalu ia mandi serta mengucurkan air diatas kepalanya. Sesaat pada kami serta beliau ada tabir”. 

Dari hadis itu diterangkan oleh Al-Qadhi ‘Iyadh Rahimahullah kalau, yang terlihat dari hadits itu yaitu kalau keduanya (yaitu Abu Salamah serta saudara ‘Aisyah) lihat apa yang dikerjakan oleh ‘Aisyah pada kepala serta sisi atas badannya, dimana itu yaitu sisi yang bisa diliat oleh seseorang muhrim, serta ‘Aisyah yaitu bibinya Abu Salamah lantaran persusuan, sesaat ‘Aisyah menempatkan tabir untuk menutupi sisi bawah badannya, lantaran sisi itu yaitu sisi yg tidak bisa diliat oleh sesame muhrimnya. 

2) Sebaiknya seseorang wanita tutup semua badannya saat berbarengan wanita non muslim (kafir). 

3) Sebaiknya seseorang wanita tutup semua badannya saat ada lelaki yang bukanlah muhrimnya. 

Go Back

Comment