Menu
header photo

ayo jelajah indahnya indonesia

Nikmati Keindahan Nusahtara

perawatan lantai paket

August 29, 2017

Lantai kayu bisa memberi kesan unik di satu tempat tinggal asri. Seperti bahan lantai yang lain, lantai kayu butuh dirawat lewat cara dipel. Tetapi, ada sedikit trick simpel penambahan dalam soal perawatan lantai kayu supaya tetaplah bersih, sehat, serta bagus. Lantas bagaimana caranya mengepel lantai kayu yang baik serta benar? 
Walau pada intinya, langkah mengepel lantai kayu itu nyaris sama lewat cara mengepel lantai biasanya, tetapi bila salah lakukan perawatan, jadi malah bisa buat lantai kayu lebih gampang keropos, kusam serta rusak. Oleh karena itu, diperlukan sedikit trick penambahan untuk hindari rusaknya awal. 
Lantai kayu lebih cepat lembab serta menyerap air dibanding dengan lantai keramik. Hingga noda dari debu serta cairan semakin lebih susah di hilangkan dari pada lantai keramik. Diperlukan perlakuan yang pas bila tempat tinggal anda pilih lantai kayu jadi susunan lantai. 
Diambil dari Boldsky, ada 5 trick langkah bersihkan serta mengepel lantai kayu : 

1. Cermati instruksi bagaimana caranya mengepel dari tukang kayu waktu anda mengambil keputusan untuk pilih lantai kayu. Bila satu waktu ada noda kopi atau teh yang tumpah, bersihkan daerah yang terkenan noda itu dengan kain basah yang bersih terlebih dulu. Upayakan supaya tidak menetes. 
2. Sapu semuanya kotoran, debu atau pertikel kotoran yang lain. Begitu, anda juga akan semakin lebih gampang untuk bersihkan serta mengepel lantai kayu.  
3. Tentukan serta pakai kain pembersih yang pas, bagus serta benar. Cermati banyak cairan dipakai yang pas, janganlah sangat banyak, karna hal semacam ini bisa meninggalkan noda membandel serta makin susah dibikin bersih di lantai kayu. 
Parket (parquet) yaitu satu diantara bahan finishing penutup lantai yang popular serta saat ini seringkali diterapkan di bebrapa tempat tinggal. Dengan beragam pilihan warna, struktur, alur, serta jenis, parket (parquet) yang memiliki bahan basic kayu solid atau kayu keras tentu lebih tahan lama terutama untuk pemakaian sisi luar (outdoor/semi outdoor). Sesungguhnya parket (parquet) yaitu kepingan atau lembaran kayu berupa persegi yang dimaksud ubin kayu, karna peranannya sama dengan ubin, keramik (juga dalam beragam ukuran) yang dipakai jadi material finishing penutup lantai. 

Product parket (parquet) ini berupa lempengan-lempengan papan kecil atau layer-layer kayu yang dikumpulkan lewat system penyambungan yang akurat serta perekatan yang kuat. Lantas dipasang jadi ubin lantai dengan pertolongan perekat spesial serta penyelesaiannya berbentuk laminasi melamic supaya hasil pada akhirnya tampak lebih mengkilap. 


Perawatan Lantai Parket (Parquet) 

Untuk perawatannya, lantai parket (parquet) memanglah butuh perawatan yang spesial, seperti saat Anda menjaga mebel memiliki bahan basic kayu. Bila Anda yaitu orang yang kebetulan banyak menekuni pada pembuatan serta perawatan mebel kayu jadi panduan ini cukup anda menjadikan penambahan refersni saja. Tetapi bila Anda termasuk juga pemula, jadi panduan di dalam artikel ini dapat Anda menjadikan referensi dalam mengatasi perawatan lantai parket (parquet) di rumah Anda. Tersebut disini sebagian panduan yang dapat Anda cobalah kerjakan : 

1. Lakukan menyapu lantai parket (parquet) Anda teratur sehari-hari supaya debu tidak bertumpuk pada permukaan parket (parquet). Gunakanlah sapu berbulu lembut atau penyedot debu (vacuum cleaner) untuk bersihkan serta teruskan dengan lap kering untuk mengangkat sisa-sisa debu. 

2. Mengingat bahan paling utama lantai parket (parquet) terbuat dari kayu, jadi musuh intinya yaitu kelembapan. Dianjurkan menjaga lantai parket (parquet) dengan penyedot debu atau sapu saja. Jangan sampai mengepel lantai parket (parquet) karna genangan air yang terkurung di susunan plywood dapat melapukkan kayu. Diluar itu, dengan meningkatnya kelembapan pada parket (parquet) bisa menyebabkan ketidaksamaan desakan yang mencolok. Mengakibatkan sendi parket (parquet) dapat terlepas serta bila diinjak lantai juga akan berbunyi atau berderik. 

3. Walau banyak product lantai parket (parquet) yang menjanjikan tahan gores serta tidak dapat dirembesi air, tambah baik jauhi pemakaian air pada lantai parket (parquet) untuk melindungi keawetannya. Jangan pernah air merembes kedalam pori-pori parket karna juga akan membuatnya mengelupas. 

4. Bila lantai parket (parquet) Anda terserang noda makanan atau minuman, selekasnya angkat kotorannya dengan tisu atau lap kering. Lantas pakai cairan spesial pembersih kayu parket (parquet) untuk bersihkan susunan permukaannya.  

5. Supaya tidak menyebabkan goresan atau cacat pada permukaan lantai parket (parquet), Anda mesti waspada saat mengubahkan barang. Baiknya barang diangkat serta alas furniture dilapis karet supaya tidak menyebabkan sisa goresan pada lantai. Alas kaki atau sepatu yang dipakai juga baiknya tidak tajam serta keras. Jauhi mengubahkan perlengkapan atau mebel lewat cara mendorongnya di atas susunan parket (parquet), karna langkah tersebut begitu punya potensi mengakibatkan kerusakan susunan parket (parquet) di rumah anda. 

6. Untuk lantai parket (parquet) yang terbuat dari kayu solid atau kayu keras, perawatan penambahan yang dikerjakan yaitu sistem waxing atau penyemiran ulang tiap-tiap bulan dengan memakai bahan pengkilap kayu (teak oli, pledge) serta setiap dua th. sekali baiknya dikerjakan coating ulang. 

7. Untuk bersihkan noda membandel sekalian buat lantai parket (parquet) lebih bercahaya, Anda dapat memakai air perasan lemon atau belimbing wuluh. Atau Anda dapat menggunakan white vinegar yang didiamkan sepanjang 4 menit pada noda di lantai parket, lantas Anda bersihkan dengan kain lap yang bersih. 

8. Karpet bisa jadikan alternatif untuk menutupi lantai parket (parquet), terlebih pada ruang atau ruang yang seringkali dilewati. Tetapi pastikan karpet dengan susunan yg tidak licin hingga tidak gampang tergeser yang mungkin saja juga akan mengakibatkan siapa saja yang melaluinya tergelincir atau terpeleset. 

9. Terkecuali melindungi lantai parket (parquet) dari kelembapan, baiknya anda pakai susunan atau bahan kimia anti rayap. Untuk buat lantai parket (parquet) anti rayap dapat dikerjakan penyuntikan pada kepingan kayunya. Atau saat Anda beli material parket (parquet) ini, Anda dapat pilih type parket (parquet) yang telah disuntik dengan cairan anti rayap. 

10. Untuk daerah tropis, lantai parket (parquet) memanglah memerlukan perawatan ekstra karna warna kayu dapat sirna karena cahaya matahari. Untuk melindungi supaya tampilan parket tetaplah awet, baiknya Anda seringkali menukar letak perlengkapan di ruang yang memakai parket. Anda dapat juga lakukan sistem steam tiap-tiap 6 bulan sekali. Sistem steam ini ditujukan supaya warna serta kebersihan parket (parquet) tetaplah terbangun dengan baik. 

Sekian panduan pada artikel kesempatan ini, dengan ikuti tips serta panduan di atas jadi menjaga lantai parket (parquet) supaya tetaplah awet serta terbangun kebersihan dan keindahannya bukanlah sekali lagi problem buat Anda. Selamat selesai minggu.. 

4. Kerjakan sistem pengeplan 2 x waktu itu juga. Tetapi bukanlah bermakna lantai kayu anda mesti dipel 2 x satu hari. Sesudah lantai kayu dipel dengan kain lembab atau basah, keringkan kembali lewat cara mengepel untuk ke-2 kalinya dengan kain kering yang bersih hingga air cepat diserap. 
5. Waktu sistem perawatan dengan mengepel lantai kayu usai, jauhi lantai kayu diinjak atau dilewati jejak kaki. Anda bisa pilih kain berbahan katun untuk lakukan pengepelan di lantai kayu tempat tinggal anda. 
Mudah-mudahan panduan perawatan lantai kayu di atas bisa buat tampilan lantai kayu di tempat tinggal anda makin awet, indah serta asri. Selamat coba!

Go Back

Comment

Blog Search

Comments

There are currently no blog comments.