Menu
header photo

ayo jelajah indahnya indonesia

Nikmati Keindahan Nusantara

simpan makanan dalam kulkas biar rapih dan awet ini dia tipsnya yg benar dan bagus

Terkadang kita tidaklah terlalu memerhatikan langkah menaruh bahan makanan di kulkas dengan benar. Walau sebenarnya, hal semacam ini perlu untuk menghindar datangnya penyakit lewat makanan yang Anda makan keseharian. Di bawah ini panduan yang dapat Anda kerjakan dalam menaruh bahan makanan di lemari es (kulkas) dengan benar : 

1. Pisahkan makanan yang perlu dibuat dahulu sebelumnya dikonsumsi berbahan makanan yang dapat segera dikonsumsi (umpamanya, ayam, daging, serta ikan dengan buah-buahan dan bahan makanan yang lain). 

2. Selekasnya taruh makanan mentah serta makanan sisa kedalam kulkas minimum kurun waktu 2 jam, untuk menghindar tumbuhnya bakteri. 

3. Bagi-bagilah sisa makanan yang menginginkan Anda taruh dalam sebagian jumlah kecil supaya cepat dingin didalam kulkas. 

4. Sebisa-bisanya, janganlah dibiarkan kulkas sangat penuh. Udara yang sejuk mesti tetaplah bersirkulasi dengan baik supaya makanan tetaplah dingin. 

5. Bungkuslah ikan di kertas aluminium atau wadah tertutup sebelumnya disimpan di almari es. Anda dapat menyimpannya sampai 2 hari supaya terbangun mutunya. 

6. Anda dapat menaruh ayam sampai 2 hari, serta daging fresh sepanjang 3 hari didalam kulkas. 

7. Bila Anda tidak segera membuat daging, ikan atau ayam, Anda dapat menyimpannya di almari pembeku supaya mutunya tetaplah terbangun. 

Memasak banyak sajian sekalian untuk disimpan di freezer (freezer cooking) tidak cuma pas untuk beberapa ibu yang repot. Trick ini dapat juga diaplikasikan untuk berhemat di waktu harga beberapa bahan pokok naik seperti saat ini. 

Freezer cooking dapat menghemat saat, daya, serta uang. Sebab, belanja ke pasar jadi lebih tidak sering, harga beberapa bahan jadi lebih murah karena dibeli dalam jumlah besar, saat persiapanpun jadi lebih singkat. Tersebut beberapa hal yang butuh Anda cermati sebelumnya menyetok makanan di freezer. 

image 

1. Makanan yang bisa disimpan di freezer 

Beberapa bahan yang gampang basi seperti mentega, pasta masak, roti, serta susubisa disimpan di freezer. Begitu halnya saus pasta buatan sendiri, pisang yang sangat masak, adonan pizza, edamame kupas, udang kupas, dan makanan berkuah. Sebelumnya disantap atau dihangatkan, pindahkan makanan ke kulkas serta taruh semalaman. 

2. Makanan yg tidak bisa disimpan di freezer 

Sebagian type sayuran, telur, rempah, cream, keju, gorengan, serta nasi baiknya tidak disimpan difreezer. Check keterangannyadi sini serta disini. 

Sebagian type sayuran Selada, mentimun, seledri, bawang bombay, serta paprika juga akan kehilangan warna, struktur, serta rasa-rasanya secara cepat bila disimpan dalam freezer. 
Telur yang masih tetap ada dalam cangkangnya juga akan meledak, sesaat putih telur yang telah dibuat juga akan jadi keras serta kenyal. 
Sour krim yang dibekukan lantas dicairkan kembali juga akan jadi pecah hingga tidak dapat dipakai sekali lagi. 
Rempah Lada, cengkeh, bawang putih, serta sebagian herba relatif jadi tajam serta pahit rasa-rasanya sesudah keluar dari freezer. Kari juga akan merasa seperti berjamur, sesaat garam juga akan kehilangan rasa-rasanya. 
Pasta masak atau nasi juga akan jadi lembek sesudah dimasukkan ke freezer, jadi tidak enak sekali lagi dikonsumsi. 
Icing memiliki bahan putih telur, pie dengan cream Dessert ini juga akan meleleh, berair, serta pecah bila dibekukan. 
Keju potongan Keju beku juga akan hancur jadi remah-remah. 
Gorengan Kerenyahannya juga akan menyusut sesudah dimasukkan ke freezer. Hal semacam ini dapat diatasi dengan menggorengnya sekali lagi, tetapi kandungan lemaknya juga akan jadi lebih tinggi. 
3. Panduan menaruh makanan dalam freezer 

Ada banyak hal yang butuh Anda cermati sebelumnya membekukan makanan difreezer, misalnya suhu. Lauk kering serta basah juga butuh dibekukan dengan berlainan. Diluar itu, pengemasan makanan penting juga supaya kwalitas makanan tetaplah terbangun. 

Yakinkan freezer tidaklah terlalu penuh supaya makanan beku rata. Simak panduan lebih detilnya : 

Dinginkan dulu Bila makanan masih tetap panas, baiknya biarlah dingin dahulu sebelumnya disimpan. Maksudnya supaya masakan tidak gampang basi waktu ditutup rapat dengan wadah. Anda dapat rendam sisi bawah wajan dengan air es sembari diaduk atau dikipas-kipas supaya lebih cepat dingin. 
Bungkus makanan Waktu membungkus makanan pisahkan juga berdasar pada macamnya. Umpamanya, rendang simpan dalam satu wadah serta opor simpan dalam satu wadah yang berlainan. Janganlah lupa tutup rapat wadah makanan, supaya aromanya tidak menyebar didalam kulkas serta menyebabkan bakteri. 
Atur suhu Minimum suhu yang dipakai yaitu 18 derajat Celcius. Karena pada suhu ini diakui bisa kurangi rusaknya pada struktur makanan. Bila dibekukan pada suhu 0 derajat Celcius, struktur makanan juga akan gampang rusak. 
Janganlah bekukan sayuran Sayuran yang telah dibuat atau masak baiknya tidak dibekukan. Karena gampang hancur teksturnya waktu dipanaskan kembali. Baiknya segera butuhkan sayuran masak supaya faedah nutrisinya dapat maksimum. 
Membekukan lauk-pauk kering Rendang serta sambal goreng adalah lauk kering serta sedikit berminyak. Makanan ini gampang didinginkan, cukup simpan dalam wadah bertutup rapat. Atau tutup dengan kertas aluminium foil serta bekukan. 
Membekukan lauk-pauk basah Untuk menaruh makanan berkuah juga butuh ketelitian. Opor, kaldu serta saus dapat ditempatkan dalam kantung plastik serta ikat. Simpanlah dalam tempat rebah didalam freezer supaya makanan gampang beku, atau simpan pada wadah tertutup. 
Kemas dengan susunan beda Bila disimpan kurun waktu yang tidak sangat lama, daging yang baru dibeli dapat segera disimpan. Umumnya daging di jual dengan susunan plastik tidak tebal. Tetapi bila menginginkan menyimpannya kurun waktu lama, baiknya daging di beri susunan sekali lagi, seperti wrapping plastic untuk meyakinkan tidak ada udara yang masuk kedalam daging. 
Berikan label Supaya daging dapat dipakai dengan lebih efektif, baiknya berikan label. Tuliskan tanggal, berat, juga type daging yang disimpan. Hal semacam ini mempermudah waktu juga akan ambil serta membuat daging. Bentuk daging yang terlihat sama sering mengecoh mata. 
Bersihkan alat Sebelumnya menyiapkan daging yang juga akan dibekukan, yakinkan alat-alat seperti pisau, talenan dan wadah yang dipakai terjamin kebersihannya. Hal semacam ini menghindar kerancuan yang dapat mengakibatkan keracunan. 
Yakinkan freezer tidaklah terlalu penuhIsi freezer harus juga di perhatikan. Yakinkan supaya freezer tidaklah terlalu padat serta sesak. Argumennya supaya freezer tetaplah mempunyai suhu yang cocok serta menghindar makanan di dalamnya tetaplah berkwalitas baik. Diluar itu, jauhi sangat banyak buka tutup freezer. Terkecuali buat suhu freezer jadi terganggu, hal ini dapat juga buat tagihan listrik membengkak 
Saat penyimpanan Ketahanan makanan didalam freezer beragam. Ada yang cuma awet sebulan, tetapi ada juga yang dapat disimpan satu tahun. Daftar lengkapnya Langkah menyimpan 


Suhu freezer mesti senantiasa kurang dari 0 F (atau sama dengan -18 C). Wadah yang dipakai untuk menaruh makanan mesti freezer safe supaya tidak retak atau terbuka karena sangat dingin. 
Bungkus daging serta casseroles 2 x. Bila memakai aluminum foil, dua lapis heavy duty foil cukup. 
Janganlah lumerkan makanan di meja dapur. Sesudah makanan di keluarkan dari freezer, tempatkan di kulkas sisi bawah (refrigerator) atau microwave. Makanan yang telah dilumerkan tidak bisa dibekukan kembali. 
Tempatkan daging, berry, serta cairan/minuman dibagian belakang atau bawah freezer supaya tidak tumpah ke mana-mana bila mati listrik. 
Lekatkan label diisi makanan apa yang disimpan didalam plastik/wadah dan tanggal berapakah makanan itu mulai dibekukan. 
Pakai bahan yang telah lebih lama ada di freezer, janganlah asal ambillah. 
Saat penyimpanan 


Sebagian sajian yang dapat disimpan di freezer sesudah jadi di antaranyarendang, ayam ungkep, nugget, serta bakso. Makanan tersebut dapat dibekukan berbentuk pure-bahkan sebagian salah satunya dapat pula dibekukan berbentuk potongan. 

Beras, jagung serta ubi jalar. 
Daging sapi, ayam. Apabila menginginkan membekukannya dalma bentuk fresh, bersihkan, potong-potong atau buang tulangnya, lantas masukan dalam kantong plastic atau wadah bertutup dalam jumlah sekali masak. Mengeluarkan udara sebanyak-banyaknya adri adlam kantong plastic serta buat simpul sedekat mungkin saja denan permukaan daging. 
Ikan. Apabila menginginkan membekukannya berbentuk fresh, bersihkan serta potong-potong beberapa yang Anda perlukan, lantas bungkus dengan kertas roti, aluminium foil atau lembaran plastic sejumlah dua lapis, rekatkan rapat, serta selekasnya bekukan. Ikan dapat tahan sepanjang 1-3 bln.. 
Kaldu. Masukan kaldu kedalam cetakan es batu, lantas bekukan. Atau Anda bisa menaruh serta membekukannya dalam kantong plastic sesuai sama keperluan untuk sekali masak, lalu ikat dengan simpul agak jauh dari permukaan cairan (lebih kurang 1-2 cm diatas permukaan cairan). 
Avokad. Jika memang perlu dapat dibekukan berbentuk pure, tetapi mungkin saja juga akan alami sistem pencokelatan. Tambah baik apabila dibekukan dalma bentuk potongan-potongan serta di beri air jeruk nipis atau lemon untuk mengecilkan resiko terjadinya sistem pencokelatan. 
Brokoli, kol kembang, wortel buncs, serta kacang kapri. Dapat dibekukan berbentuk pure, tetapi tambah baik apabila berbentuk belum juga dihaluskan.

Go Back

Comment