Menu
header photo

ayo jelajah indahnya indonesia

Nikmati Keindahan Nusahtara

Takut sama panci presto? Simak cara menggunakannya dengan aman dan nyaman

Tempat membuat kitchen set di Bandung - Banyak di antara kita yang sangsi serta takut-takut waktu ingin memakai panci presto untuk pertama kalinya. Walau sebenarnya hasrat untuk memasak lewat cara presto telah ada mulai sejak lama. Umpamanya masak ikan mas presto, bebek presto atau yang populer bandeng presto. 

Takut sama panci presto Simak cara menggunakannya dengan aman dan nyaman

Hanya keberanian yang belumlah ada. Kurang lebih aman tidak ya? Jangan-jangan kelak meledak? Bila kelak mendadak duaarrr..!! Bagaimana ngatasinnya? 

Nah, bagaimana caranya memakai panci presto dengan aman? Tersebut uraiannya. 

Panci presto adalah alat masak berupa panci yang dapat memasak makanan dengan lebih cepat, lebih sehat, dengan kandungan gizi serta rasa yang tetaplah terbangun. Alat masak ini dimaksud juga dengan pressure cooker, karna alamat toko kitchen set di bandung memakai pertolongan uap air bertekanan tinggi dalam sistem masak memasaknya.  

Sedang langkah memasaknya dimaksud dengan pressure cooking. Uap panas bertekanan tinggi hasil pressure cooking berikut yang seringkali dikuatirkan waktu seorang akan memakai panci presto. 

Faedah panci presto untuk memasak 

Faedah panci presto dalam sistem masak-memasak di dapur sangat banyak. Baik dari sisi kesehatan, ekonomi, kepraktisan, serta sudah pasti, cita rasa masakan tersebut. Di antara faedah panci istimewa ini yaitu : 
1. Makanan lebih sehat. 
2. Kandungan gizi serta rasa masakan tetaplah terbangun. 
3. Lebih efektif serta irit energy. 
4. Multifungsi. 
5. Perawatannya sederhana. 

Mengerti langkah kerja panci presto 

Bila mengerti langkah kerja serta langkah memakai panci itu, jadi sebenarnya kesangsian serta ketakutan itu tidaklah perlu ada. Terlebih faedah panci presto ini begitu banyak. Langkah kerja panci presto pada intinya dapat digambarkan seperti berikut : 

Berlainan dengan panci umum, panci presto mempunyai tutup yang begitu rapat hingga uap air hasil pemanasan tidak bocor keluar, namun masih tetap berkumpul dalam unit panci. Mengakibatkan suhu dalam panci jadi begitu panas. 

Dapat disebutkan kalau memasak dengan panci presto sama juga dengan memasak di atas suhu didih. Dengan suhu sepanas itu, jadi mikro organisme yang dapat bertahan hingga 100 derajat celcius pada panci umum juga akan mati. 

Karna makanan dibuat dalam suhu yang begitu panas, jadi sistem memasak jadi lebih singkat. Bahkan juga dapat sampai 70 persen lebih singkat dari memasak gunakan panci umum. Akhirnya makananpun lebih sehat karna makin sedikit kandungan gizi serta nutrisi yang hilang atau rusak. Diluar itu sudah pasti lebih irit energy. 

Bila desakan dalam panci lebih dari batas yang ditetapkan jadi uap juga akan di keluarkan lewat katup pengaman yang ada pada tutup panci. 

Step by step langkah memakai panci presto 

Berikut ini yaitu tulisan simpel mengenai step by step langkah memakai panci presto. Tulisan ini tidak ditujukan untuk menukar panduan dari pabrik yang mengikuti panci presto Anda. Tetapi lebih adalah langkah basic pemakaian panci itu. 

Tiap-tiap jenis panci presto miliki feature yang berlainan. Untuk pertimbangan keamanan serta untuk meyakinkan hasil yang maksimum, senantiasa baca panduan dari produsen sebelumnya mulai memasak dengan panci presto ini. Bila anda kehilangan buku panduan manualnya, hubungi produsen atau penjual di mana anda beli panci itu. 

Persiapan sebelumnya mulai memasak 

Ada dua jenis panci presto : pertama, panci presto jenis “jiggle top” di mana regulator desakan ada diatas pipa lubang ventilasi yang ada pada tutup panci. Serta ke-2, panci presto yang memakai sistem tertutup dengan katup pegas. Walau jenisnya berlainan, namun keduanya miliki sistem operasi yang sama, yakni panas juga akan hasilkan uap dalam wadah tertutup yang suhunya melampaui titik didih tempat bikin kitchen set di Bandung hingga memasak dapat lebih cepat. 

Sebelumnya memakai panci presto, check dulu alat itu dengan jeli. Panci mesti bersih luar serta dalam, tidak ada sisa sisa makanan atau kotoran di pinggir panci ataupun tutupnya. Baiknya panci jangan pernah ada lekukan serta penyok, maupun rusaknya beda. Periksalah gasketnya. Gasket mesti dalam keadaan baik, jangan pernah ada yang retak atau rapuh. Bila ada sisi karet yang rusak segera ganti. Gasket mesti cocok dengan ukuran tutup. 

Bila memakai jenis panci presto jiggle top, periksalah lubang ventilasi serta yakinkan itu terang terbuka. Pada panci presto jenis katup, cobalah gerakkan katup untuk meyakinkan ia bergerak bebas serta yakinkan sekrup terpasang ketat. 

Memasukkan bahan makanan kedalam panci presto 

Sebelumnya mulai memasak yakinkan panci presto telah di isi air. Jumlah minimal air untuk jenis jiggle top yaitu sekitaran 1 gelas, sedang untuk jenis katup sekitaran ½ gelas. Air beberapa itu umumnya cukup untuk memasak sekitaran 20 menit. 

Tetapi kami begitu mereferensikan serta merekomendasikan anda untuk lakukan test drive atau eksperimen untuk memastikan jumlah air yang baik untuk merk anda. Bila masakan anda memerlukan saat memasak yang lebih lama, berikan semakin banyak air. 

Panci presto tidak bisa di isi lebih dari 2/3 keseluruhan kemampuannya. Ruangan yang tersisa juga akan diperlukan untuk uap bertekanan nanti. Bila anda memasak makanan yang hasilkan buih, seperti kaldu umpamanya, jadi pengisian maximum yaitu ½ dari keseluruhan kemampuan panci. 

Bila memakai rack atau tatakan kaki tiga, jadi input terlebih dulu tatakannya, lalu air, lantas tempatkan makanan pada rack atau tatakan itu. 

Saat memasak pada panci presto 

Bila desakan sudah terwujud, kecilkan api, karna yang dibutuhkan saat ini yaitu menjaga desakan itu jangan pernah lebih serta janganlah juga kurang. Bila anda sudah lakukan eksperimen terlebih dulu, jadi tandailah settingan ini. Awalilah mengkalkulasi saat memasak dari sini. Cocokkan lamanya saat memasak semasing type makanan berdasar pada grafik cooking time-nya. 

Memasak dengan panci presto tidak bisa ditinggalkan. Bila saatnya kelewatan sebagian menit saja jadi dapat buat masakan anda jadi bubur lembek. Jauhkan panci dari sumber panas bila masakan sudah usai. 

Langkah melepas desakan dari panci 

Yang butuh di perhatikan yaitu : Janganlah buka tutup panci hingga semuanya desakan dari dalam panci usai dilepaskan. Buka tutup panci juga tidak bisa dipaksakan, karna bisa jadi itu berarti masih tetap ada desakan dari dalam. 

Ada dua langkah untuk melepas desakan dari dalam panci : 
Pertama, langkah pelepasan alami. Sesudah panci dijauhkan dari sumber panas, lantas biarlah saja. Ini yaitu langkah yang paling lama, saat pelepasannya dapat menjangkau 10 sampai 20 menit. Langkah tersebut buat makanan selalu memperoleh panas sembari perlahan lakukan pendinginan hingga betul-betul dingin. 

Ke-2, langkah pelepasan cepat. Beberapa panci presto generasi pertama ada yang telah mempunyai feature ini, sedang pada panci presto jenis katup keluaran baru nyaris semua telah mengambil langkah tersebut. Langkah pelepasan cepat yakni dengan terlebih dulu buka katup pengaman (dengan menghimpit katup seperti pada video langkah menggunakan panci presto berikut ini), hingga uap habis. Kemudian baru buka tutup panci. 

 

Go Back

Comment

Blog Search

Comments

There are currently no blog comments.