Menu
header photo

ayo jelajah indahnya indonesia

Nikmati Keindahan Nusantara

tips jalan2 murah nan meriah di indonesia

Jogja itu classic. Jogja itu ngangenin. Jogja itu nyenengin. Jogja itu magis. Kamu yang sempat ke Jogja, tanyakanlah pada hatimu, percaya tidak ingin kembali? Yang belum juga sempat, percaya tidak ingin kesini? 

Penggalan lirik lagu Kla Proyek diatas yaitu ungkapan kecil begitu Jogja juga akan buat siapa saja jadi rindu serta menginginkan “pulang” kesini. Pesona kota Gudeg ini senantiasa sukses buat siapa saja jadi tergoda. Kamu salah bila menduga perlu merogoh kocek dalam untuk liburan ke Jogja. Kenyataannya, bila kamu kemauan, tiga hari dua malam disini perlu uang sekitaran 500 beberapa ribu saja kok. 

Saat melancong, hal pertama serta paling utama yang perlu kamu sediakan yaitu TIKET. Yang murah serta gampang dari Jakarta-Jogja ya kereta, tentukan yang kelas ekonomi aja 

apa ada yang tambah nyaman dari yang satu ini? 
apa ada yang tambah nyaman dari yang satu ini? lewat situs (blog). reservasi. com 

Kamu dapat memakai moda transportasi kereta api untuk memulai petualangan ini. Karna memposisikan diri jadi backpacker dengan kata lain biaya traveler, tentukan yang paling murah saja ya. Kereta Api Bengawan umpamanya, pergi dari Stasiun Pasar Senin jam 11. 30 WIB serta hingga Jogja jam 19. 50 WIB di Stasiun Lempuyangan. Harga nya 74 ribu, janganlah lupa pesen juga buat pulangnya ya. Inget, ini yang paling murah. Yang perlu itu bukanlah kamu naik apa, namun bagaimana kamu nikmati perjalanan di dalamnya. 

— KA Bengawan Jakarta-Jogja PP : 74 ribu x 2 = 148 ribu 

Sesampainya di Jogja, tidak usah manja, mencari penginapan jalan kaki saja ke daerah Sosrowijayan. Tahu sendiri disini semuanya murah~ 

di Sosrowijayan, silakan tentukan sendiri penginapan yang mana 
di Sosrowijayan, silakan tentukan sendiri penginapan yang mana lewat tribunnews. com 

Sebenernya, bila ingin jalan kaki ke Sosrowijayan, semakin lebih dekat bila turun di Stasiun Tugu. Namun karna keretamu kelas ekonomi, jadi ya turunnya di Stasiun Lempuyangan, bila ditarik garis lurus jaraknya sekitaran 500 mtr. menuju daerah Sosrowijayan yang berada di Jalan Malioboro ini. Bila masih tetap miliki tenaga, ya silahkan jalan kaki. Namun bila tidak, Trans Jogja juga mungkin saja pilihan. Jarak halte trans Jogja dari stasiun Lempuyangan cuma sekitaran 50 mtr.. Dari pintu keluar, berjalanlah ke arah kiri. Tidak jauh di antara jembatan layang, kamu juga akan merasakan halte trans Jogja. 

Beroperasi sehari-hari mulai jam 05. 30-21. 30 WIB, kamu cukup keluarkan Rp 3. 600 untuk tiketnya. Dari Lempuyangan ke arah Malioboro, silahkan memakai Trans Jogja rute 2A. Dari halte Malioboro, kamu tinggal kedalam gang Sosrowijayan, serta pastikan penginapan yang banyak di tawarkan di dalamnya. Bermacam hotel murah, dari mulai kelas melati, losmen, hotel bintang 1 sampai bintang 5 semua ada. Penginapan dengan tarif Rp 75 ribu juga masih tetap ada lho. Karna hingga Jogja telah malam, sebaiknya kamu istirahat saja pada malam pertama ya~ 

— Trans Jogja Lempuyangan-Malioboro : Rp 3600 

— Penginapan 2 malam Rp 75 ribu x 2 = Rp 150 ribu 

Buat kamu yang miliki biaya lebih serta malas keliling gang untuk mencari penginapan, Ticket. com dapat ngasih kamu keringanan untuk pilih. Tenang, kocekmu juga akan tetaplah aman. Karna biaya menginapmu juga akan terselamatkan dengan potongan 100 ribu/malam di banyak hotel waktu pesan di Ticket. com. Tinggal masukan kode promonya, kamu dapat tidur dengan pulas serta tanpa ada repot. 

Agar lebih gampang serta irit, tidak ada jalan keluar beda terkecuali sewa motor. Hari pertama ini dapat kamu butuhkan dengan menjelajah pantai di Gunungkidul 

ini pantai Indrayanti di Gunungkidul 
ini pantai Indrayanti di Gunungkidul lewat www. piknikdong. com 

Jadi backpacker, tentu sebagian besar tambah nyaman jalan sendiri daripada ikuti paket tour untuk berkunjung ke satu tempat. Karna angkutan umum di Jogja masih tetap tidak sering serta tidak fleksibel, lebih dianjurkan agar kamu menyewa motor saja. Yang paling murah harga nya 50 ribu /hari. Belum juga bensin lho, ya. 

Karna siapa juga tidak juga akan menampik pantai, alangkah bahagianya bila kamu dapat meluangkan waktumu untuk menjamah pasir-pasir pantai di Gunungkidul. Walaupun terhitung jauh, namun pantai-pantai disana lebih sepi serta alami di banding Parangtritis. Pantai-pantai di Gunungkidul begitu pas jadi tempat pengusir capek. Perlu saat sekitaran dua jam dari kota Jogja menuju ke pantai-pantai cantik itu. Kamu juga cuma butuh keluarkan cost sekitaran 10 ribu untuk masuk ke setiap pantainya. 

— Sewa motor dua hari : Rp 50 ribu x 2 = Rp 100 ribu 

— Bensin dua hari : Rp 20 ribu x 2 = Rp 40 ribu 

— (perkiraan) cost masuk dua pantai : Rp 10 ribu x 2 = Rp 20 ribu 

Hari ke-2, waktunya keliling kota. Ke Jogja tanpa ada ke Keraton, jadi kurang afdol kelihatannya. Dapat pula dilanjutkan ke Taman Sari serta jemputlah sunset di Candi Ratu Boko 

kamu juga akan terpukau dengan sunset di Ratu Boko 
kamu juga akan terpukau dengan sunset di Ratu Boko lewat www. yogyakarta. co 

Sesudah hari pertama meniti jarak cukup jauh untuk wisata alam atau bermain dengan air asin serta pasir, hari ke-2 silakan butuhkan waktumu untuk berkeliling-keliling kota. Pagi hari sesudah sarapan, kamu dapat berkunjung ke keraton, yang dikatakan sebagai museum hidup kebudayaan Jawa, karna sampai sekarang ini masih tetap dipakai jadi timpat tinggal raja. Buka jam 08. 00 sampai 12. 00 WIB, kamu dapat memuaskan keinginan wisata histori serta melihat bermacam pagelaran seni di dalamnya. Ticket masuknya 7 ribu saja. 

Sepulangnya dari keraton, kamu dapat meneruskan perjalanan menuju Taman Sari. Gemericik air, keindahan arsitektur yang kuno, serta panorama menarik dapat kamu temui disini. Paling akhir, di sore hari, jemputlah senja di Candi Ratu Boko. Silakan selfie serta bersiap-siaplah menyongsong follower yang berdatangan saat kamu mengunggahnya di sosial media. Kompleks istana megah yang dibuat pada era ke-8 ini juga akan memberikanmu kedamaian, yakinlah. 

— Ticket masuk keraton : Rp 7 ribu 

— Ticket masuk Taman Sari : Rp 5 ribu 

— Ticket masuk Ratu Boko : Rp 25 ribu 

Hari ke-3, waktunya pulang~ Sebatas panduan penghematan, sepanjang di Jogja janganlah makan yang aneh-aneh ya. Nasi kucing di angkringan saja. 

inilah menu angkringan 
inilah menu angkringan lewat www. qraved. co 

Terkecuali wisata alam serta budaya, Jogja juga demikian kental dengan wisata kulinernya. Di selama jalan Malioboro saja, juga akan banyak kamu dapatkan pedagang makanan yang berjajar di tepi jalan. Dari mulai gudeg, penyetan, hingga angkringan. Untuk beberapa backpacker yang menghemat cost, begitu dianjurkan agar tidak makan di tepi jalan Malioboro. Sebab, harga nya cukup mahal untuk kamu yang ber-budget minim. Agar murah dan meriah, silakan tentukan angkringan (bila dapat yang jauh dari keramaian) atau warung nasi seperti warteg saja ya. Anggaplah sekali makan kamu setelah Rp 10 ribu. Inget, janganlah neko-neko~

Go Back

Comment